KETUA TP-PKK (Tim Penggerak-Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) dan DWP (Dharma Wanita Persatuan) Kabupaten Bangkalan, Zaenab Zuraidah Latif, SE menggelar kegiatan bakti sosial (baksos) bagi kaum dhuafa, janda dan anak yatim, Senin (13/4/20) di Kantor Kecamatan Geger.

Kegiatan yang diadakan bersama Muspika Kecamatan Geger ini sebagai wujud kepedulian Zaenab terhadap masyarakat yang terdampak virus Corona (Covid-19), khususnya masyarakat Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

Dalam kegiatan, terlihat Zaenab juga turun langsung saat memberikan santunan kepada para warga. Seperti kepada warga di sekitaran mesjid, tukang becak dan pedagang pasar di Kecamatan Geger. Adapun bantuan yang diberikan berupa masker, handsanitizer, vitamin C dan sembako.

Pada kesempatan tersebut, Zaenab yang juga ibu Bupati Bangkalan mengajak masyarakat untuk tetap semangat dalam menghadapi musibah Corona yang dialami Indonesia saat ini.

“Ayo lawan lawan penyebaran virus Covid-19 ini. Meski stay at home (di rumah-red), namun tetap harus produktif. Di rumah bukan berarti kita gak bisa ngapa-ngapai. Yuk ikutan ngVlog mencintai alam,” ajak Zaenab.

Diketahui, Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangkalan dan DWP Kabupaten Bangkalan mengadakan lomba ngeVlog untuk masyarakat Bangkalan yang saat ini hanya beraktifitas di rumah. Lomba Vlog yang diadakan mengenai bidang Pertanian dan Peternakan.

Adapun untuk bidang Pertanian, membudayakan tanaman konsumtif, misalnya sayuran seperti tomat, terong, cabe, kangkung, bayam dan lainnya. Untuk umbi-umbian seperti ketela pohon, ketela rambat, kentang, talas dan lainnya. Selain itu juga ada tanaman obat (toga). “Untuk lahan kecil kita dapat menggunakan metode hydroponik, polibag atau keranjang hajatan,” kata Zaenab.

Kategori lain, lanjut Zaenab, adalah bidang Peternakan bisa membudidaya ikan seperti lele, gurami, patin dan lainnya. Selain itu bisa juga ternak ayam dan bebek.

Untuk itu, Zaenab Zuraidah yang juga Ketua DPD FOKAN Jawa Timur mengharapkan partisipasi semua pihak, khususnya TP PKK Desa, unsur Pelaksana DWP OPD (per OPD 1 rumah binaan), dan masyarakat Bangkalan.

“Caranya mudah, dengan mengunggah video blog (Vlog) kegiatan tersebut pada kanal Youtube masing-masing dengan memberi nama peserta dan tagar #Lombavlogkabbkl2020#TPPKKKabBkl##DWPKabBkl. Ini berlaku selama periode 9 April – 9 Mei 2020,” kata Zaenab.

Adapun untuk Vlog terkreatif, inovativ dan produktif akan mendapatkan hadiah (reward), 2 juta untuk juara pertama, 1,5 juta juara kedua, 1 juta juara ketiga, 750 juara keempat, 500 juara kelima dan 250 juara keenam, dan semua kegiatan harus riil.

“Mari mencintai alam, maka alam akan mencintai kita,” pesan Zaenab Zuraidah Latif. FAWAIT/MCM//BN01 – JAWA TIMUR