BHABINKAMTIBMAS, pengemban Polisi Masyarakat di desa atau kelurahan, berfungsi memberikan pelayanan kepolisian kepada masyarakat yang memerlukan.

Perannya di tengah masyarakat, harus bisa menjadi teladan dan pelindung masyarakat di tingkat masyarakat terkecil, baik tingkat kelurahan maupun desa. Lebih dari itu harus mampu mendengar lebih jelas tentang apa yang menjadi keluhan masyarakat tentang segala hal.

Kegiatan sambang atau kunjungan dari rumah ke rumah pada seluruh wilayah penugasannya, atau ikut serta dalam memberikan bantuan kepada korban bencana alam dan wabah penyakit, merupakan bagian dari tugas pokok seorang Bhabinkamtibmas.

Terlebih selama masa pandemi virus Corona (Covid-19) saat ini, perjuangan para Bhabinkamtibmas dalam menyalurkan bantuan paket sembako, terutama di daerah terpencil tentu semakin berat.

Walaupun besar kecilnya penghasilan diukur dengan beban pekerjaan yang diemban sehingga menjadikan motivasi dalam menyelesaikan pekerjaan, namun itu tidak berlaku bagi Bhabinkamtibmas Desa Sebetung dan Seburuk Satu Briptu Predi Jonathan dan Bhabinkamtibmas Desa Terduk Dampak dan Desa Sui Antu Hulu, Kecamatan Belitang Hulu, Kabupaten Sekadau, Provinsi Kalbar Briptu Robertus Frawiro.

Meski mendapat tugas menyalurkan sembako kepada masyarakat miskin di daerah terpencil, keduanya melaksanakan tugas tersebut dengan ikhlas sebagai bagian dari tugas dan fungsinya. “Sudah biasa Pak, semuanya ikhlas saya lakukan,” ungkap Bhabinkamtibmas sambil senyum.

Adapun sembako yang mereka salurkan untuk masyarakat miskin yang berada di Desa Terduk Dampak dan Desa Sui Antu Hulu sebanyak 20 paket yang terdiri dari, beras 10 kg, gula pasir 2 kg, minyak goreng 1 kg, kopi 0,5 kg, susu 1 kaleng, teh celup 1 kotak, mie instant 10 bungkus dan garam 5 bungkus. BN 01