Calon Kapolri, Komjen Idham Azis menjalani fit and proper test Rabu (30/10) di Komisi III DPR RI. Rangkaian fit and proper test diawali dengan kunjungan Komisi III DPR ke rumah Idham Azis di kawasan Panglima Polim, Jakarta Selatan. Pihak Komisi III DPR berdiskusi dengan istri dan anak-anak Idham Azis terkait keluarga dan latar belakang kehidupan pribadinya. Selain dari keluarga, Komisi III juga akan terima masukan dari masyarakat terkait rekam jejak Idham Azis.

Fit and proper test Calon Kapolri Idham Azis akan digelar di Ruang Rapat Komisi III, Kompleks Parlemen, Jakarta. Ketua Komisi III, Herman Hery memperkirakan Idham Azis akan langsung ditetapkan sebagai Kapolri setelah fit and proper test selesai sekitar Rabu (30/10) malam. Setelah ditetapkan sebagai Kapolri, pengesahan pencalonan Komjen Idham Azis akan dilakukan di Rapat Paripurna DPR Kamis (31/10).

Presiden Jokowi menunjuk Kabareskrim Komjen Idham Azis sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Tito Karnavian yang menjabat Menteri Dalam Negeri di Kabinet Indonesia Maju. DPR telah menerima surat Presiden Jokowi soal pengajuan Idham Azis sebagai Kapolri pada Rabu, 23 Oktober 2019.